Saturday 14 March 2015

The Sinners - Contoh Kasus Penipuan

Salah satu hal yang mendorong aku menulis ini adalah karena rasa ga percaya ada orang-orang yang melakukan suatu hal yang merugikan orang lain, untuk kepentingannya sendiri, bisa harta, jabatan, atau hal lain.

Beberapa hari yang lalu mama saya kena tipu pas belanja online sebesar 3,3 juta. well, that's such a big amount of money, isn't it? yes it is, kalo kita hanya ngeliat harganya. saat mau transaksi itu, mama minta pendapat aku. kita pikir 3,3 juta adalah harga yang murah untuk barang sebanyak itu. aku ga berkomentar banyak saat itu, karna mama ga pernah ketipu belanja online selama ini, dan beliau emang biasa belanja online. jadi saat itu aku bilang, "beli aja!"

Tapi besoknya, orang itu ga bisa dihubungi. bbm ga pernah dibales, tapi dia terus-terusan broadcast bbm jualannya yang murah itu. tapi dalem hati saya bilang, "biarlah kejadian ini jd hikmah buat kita. bisa aja ini ujian, atau bisa juga ini peringatan karena kita kurang amal"

Ga pernah habis pikir dengan si penipu itu. dia mencari uang dengan cara menipu! dibanding mencari pekerjaan yang halal, mereka memilih jalan pintas dengan menipu.

sekedar share, kasus penipuan kaya gini bisa macem-macem, diantaranya:

  1. ketika belanja online, jadi belilah di web atau penjual online yang namanya udah terkenal atau kamu kenal sama orang tersebut. 
  2. penipuan di atm. modusnya kartu atm ketelen atau nyangkut, trus ada orang yang tiba-tiba muncul mau bantuin atau di dalem atm ada petunjuk untuk menghubungi nomer tertentu. Jangan telpon ke nomer HP disitu tapi teleponlah ke call centernya langsung! sebaiknya memang masing-masing kita menyimpan nomer call center bank masing-masing.
  3. penipuan beli pulsa lewat ym, message facebook, atau sms. biasanya mereka ngaku temen/kerabat/kenalan kita. saya sendiri pernah ngalamin ini dan mengocek kantong saya 200ribu. ketipunya lewat YM, melalui akun temen saya. ternyata dia orang lain. entah di hack, ato gimana. dan beberapa hari kemudian saya dapet message dari facebook, dari akun temen saya yang lain. minta pulsa juga tapi karna udah pernah ngalamin, jadi saya cuekin messagenya.
  4. penipuan lewat sms dari nomer tak dikenal yang isinya, "sebelum transfer, telpon dulu ke nomer baru saya yang ini ..........." kira-kira kaya gitu tulisannya. yah, mending kalo nomernya ga dikenal, cuekin aja smsnya.
  5. penjambret di angkot. udah sekitar 13 taun saya menggunakan angkot, dan semasa sekolah, sering banget nemu yang kaya gini. mereka biasanya minimal 3 orang. ada yang pura-pura mau muntah, ada yang pura-pura keram. yang kram atau muntah-muntah itu biasanya bikin gaduh dalem angkot. jadi penumpang lain biasanya fokus ke yang kram atau muntah-muntah itu. ketika mereka pada fokus ke 1 orang, temannya yang lain mulai gencar cari mangsa. terakhir saya ngalamin ini, sekitar beberapa bulan yang lalu, seorang ibu-ibu cincin atau gelang emasnya ilang. 
  6. penipuan ketika kita jual barang misalnya properti. yang ngalamin ini ortu saya ketika beliau mau jual rumah. si penipu itu bilang kalo istrinya suka banget rumah itu dan udah transfer sejumlah tertentu ke akun ortu saya. tapi ga ada kiriman yang masuk ke rekening mama saya. si penipu keukeuh bilang udah transfer dan nyuruh mama saya ke atm. ngapain coba mesti ke atm? (mama saya ceknya dari mobile banking) karena merasa mencurigakan, akhirnya mama ga pernah angkat telpon dari orang tersebut. 
  7. kasus penipuan investasi. misalnya kita diminta investasi dengan harga sekian dan dalam beberapa waktu, uang tersebut dikembalikan dengan lebih 30%. jumlah yang cukup besar bukan? tanpa ngapain-ngapain, kita bisa dapet lebih 30%. emangnya itu uang nenekmu apa?!
  8. investasi di internet. misalnya di awal bayar sekian (contoh: 4 juta) dan diminta ngeklik iklan, dalam waktu sebulan bisa dapet kalo ga salah 1 juta. kalo ngajak orang, bonusnya nambah lagi. investasi yang seperti ini, di awal-awal mungkin kita dapet untungnya. sehingga kamu akan invest lebih banyak lagi, lama-lama malah uang tersebut ga dibalikin lagi. wasapadalah! waspadalah!
  9. dll. pokonya kita harus cerdas dan waspada dimanapun. dan selalu berdoa ketika mau melakukan sesuatu agar dilindungi Allah swt.

Penipuan-penipuan ini sebagian contoh dari banyaknya apa yang kita tau sebagai dosa. uang yang mereka dengan cara ga halal. yang dimana mereka makan dengan uang itu, anak-anak mereka dikasih dengan uang itu, baju mereka dipake dengan uang itu. merekalah yang Allah SWT sebut sebagai orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi. tapi apa yang mereka lakukan masih kecil ketimbang para koruptor yang mengambil uang negara ratusan hingga milyaran. sementara orang lain menipu karena miskin, koruptor menipu karna ga pernah puas dengan kekayaan mereka yang udah melimpah. tamak! rakus! sampai kapan mereka akan hidup kaya gitu?

Belum lagi para pelaku pembegalan, penjambret motor atau mobil, penjual narkoba.
mereka mengkerdilkan kebesaran Allah SWT yang menjamin rejeki dari masing-masing mereka. bahan seekor semut pun sudah dijamin rejekinya oleh Allah. ah, jangankan mereka ingat sama kebesaran Allah. percaya bahwa Tuhan ada aja mungkin engga. 

Ya Allah lindungilah kami dari orang-orang yang menganiaya diri seperti itu dan dari menjadi orang-orang yang seperti itu, aamiin

No comments:

Post a Comment