Friday 22 July 2016

Kebahagiaan Semu dan Keindahan Semu

Aku salah satu penikmat drama Korea. dan kalo udah nonton suatu drama yang seru banget, aku bisa menghabiskan waktu sepanjang hari untuk nonton drama. satu manfaat yang aku rasain dengan nonton drama-drama ini adalah, aku bisa mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian di dalamnya. well, memang itu fiksi semua tapi ga mustahil hal tersebut juga bisa terjadi di dunia nyata dan ilmu kehidupan ga ada habisnya. kita gabisa mengalami semua pengalaman itu sekaligus dalam hidup kita sendiri. tapi dengan menonton drama-drama itu, aku bisa merasakan berada didalamnya dan mengambil pelajaran dari itu semua hanya dalam beberapa hari aja. Ini pula yang mengantarkan aku ingin nulis suatu tema tentang kebahagiaan semu dan keindahan semu.
Drama terakhir yang aku tonton adalah "Another Oh Hae Young". ceritanya tentang seorang cowo yang mau bales dendam sama mantannya yang bernama Oh Hae Young tapi malah cewe lain yang bernama Oh Hae Young juga yang kena sialnya. akhirnya  si cowo dan Oh Hae Young yang baru terhubung satu sama lain dan hubungan pun berkembang. si cowo diperankan oleh Eric Mun. sebelum menonton suatu drama aku selalu melihat rating dan review drama itu. kalo bagus, drama tersebut kemungkinan besar bakal aku tonton. ga semuanya sih. karena aku juga punya kesibukan di dunia nyata. oke, kembali ke topik drama terbaru yang aku tonton. jadi, hampir setiap drama yang bakal aku tonton itu memang dianggap bagus oleh banyak orang. aku males juga nonton film ato drama yang membosankan. oke jadi, drama bagus itu biasanya menampilkan karakter cowo yang bikin melting selangit. salah satunya Eric Mun. cowo korea kan terkenal cantik-cantik gitu (hasil oplas mungkin), tapi Eric Mun ini beda dan itulah yang bikin aku jatuh hati. dia cowo banget. simpel itu aja. cowo yang cowo banget itu bikin aku ngerasa dilindungi dengan tipe cowo kaya gitu. dia sebenernya udah agak tua tapi karismanya di drama itu, can't take my eyes off of him pokonya.

Jadi, apa hubungannya dengan kebahagiaan semu dan keindahan semu?

Pada suatu titik, setelah aku hijrah dari aku yang ga jelas arah tujuan hidupnya menuju ke islam yang sebenarnya. setelah suatu kejadian yang menjadi titik balik hidup aku. aku mulai banyak mikir dan merenung tentang kebahagiaan sesungguhnya.

Kebahagiaan itu ga dicari dimana-mana tapi ada dalam dirimu sendiri.

Aku yakin, tanpa berpikir dan merenung aku ga bakal paham dengan kalimat itu apalagi tau cara menggapainya. caranya simpel yaitu Bersyukur. syukuri setiap kejadian yang terjadi dalam hidupmu. syukuri setiap apa yang kamu miliki dan tidak miliki. dan bersyukur ini akan lebih gampang jika kita punya pemahaman-pemahaman bahwa rejeki orang berbeda-beda. setiap orang punya masalah. setiap orang punya cobaannya masing-masing. dll. jadi kita ga terhanyut dengan membandingkan diri kita dengan orang lain.

Kebahagiaan sesungguhnya bukan di dunia ini tetapi di surga nanti. 

Ini dia. orang sibuk untuk meraih kebahagiaan duniawi hingga lupa kebahagiaan kekal di akhirat nanti. kebahagiaan duniawilah yang aku sebut kebahagiaan semu.
guru aku pernah bilang, "saya sudah melewati banyak hal dan itu semua kebahagiaan semu."
apa yang dia bicarakan adalah harta, jabatan, wanita, dan keindahan-keindahan duniawi lainnya. keindahan-keindahan duniawi itulah yang aku sebut keindahan semu.
setiap orang punya keindahan-keindahan duniawi yang bisa jadi berbeda dengan orang lain. bagi satu pihak, uang adalah segalanya, tapi bagi pihak lain, jabatan yang segalanya. bagi satu pihak wanita adalah segalanya tapi bagi pihak lain, uang yang segalanya. apapun itu, mereka kerja dan berusaha raih sekuat tenaga seolah-olah itu yang bisa membahagiakan mereka.

Allah SWT berfirman, "Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas dan perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia. Dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik." (QS. Ali 'Imran; 14)

"Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur; Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehiduan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu" (QS. Al-Hadid: 20) 

Drama "Oh Hae Young" ini membuat aku ngeliat keindahan semu. Eric Mun yang begitu mempesona (hehehe) karena karakternya, belum tentu semempesona itu kalo aku kenal dia sebagai teman. dia mempesona karena karakternya di drama yang dibalut sedemikian rupa hingga menjadi sosok yang cool, cowo banget, dll. padahal bisa aja ketka tau orangnya, ternyata dia bikin ilfil. hehe...
bukan cuma itu. aku pernah beberapa kali liat artis di suatu drama yang bikin ilfil, tapi di kesempatan lain, dia terlihat begitu mempesona dikarenakan rambutnya berbeda, bahasa tubuhnya berbeda, baju yang dipakai berbeda, dll. jadi ini kaya, keindahan yang dibuat tangan manusia dan itu yang bikin manusia ga pernah puas. keindahan duniawi ga akan pernah bisa memuaskan nafsu kita sepenuhnya.

Karena kesadaran itu, faktor fisik bukan lagi hal utama yang menarik perhatian aku dalam memilih jodoh, tetapi kepribadian dan akhlaknya. karena aku sadar bahwa dibalik segala keindahan semu, belum tentu bisa menghantar aku ke kebahagiaan sesungguhnya.

No comments:

Post a Comment