Saturday 3 January 2015

Kenapa Ga Solat???

Pertanyaan ini selalu ga sengaja keluar dalam hati saya ketika lagi kumpul bareng orang-orang dalam waktu lama sampe waktu solat kelewat beberapa kali. contohnya ketika saya lagi dines sama orang kantor atau kumpul sama temen-temen. Pertanyaan berikutnya yang selalu terlontar dari mulut saya adalah,
solat kan amalan paling wajib dan mendasar bagi seorang muslim?
lalu lanjut lagi dengan pertanyaan,
apakah mereka ga diajarin sama keluarganya kalo solat itu adalah tiang agama?
lalu muncul lagi pertanyaan,
apakah mereka ga tau kalo meninggalkan solat itu adalah dosa apakah mereka ga takut sama akibatnya nanti? 
apakah keluarganya juga kaya gitu? 
suka meninggalkan solat? 
dan pertanyaan-pertanyaan lanjutannya.

Namun saya juga ga boleh merasa lebih mulia daripada mereka karna kalo saya membiarkan perasaan lebih mulia itu maka saya terjerumus dalam lubang yang namanya sombong atau khibr. dan hal itu juga tidak disukai oleh Allah SWT. Sadarkah kita dosa iblis yang hanya 1 aja, bikin mereka dimurkai Allah SWT dan dapat jaminan neraka jahanam. dosa iblis hanya 1 yaitu merasa lebih mulia daripada manusia yang hanya terbuat dari tanah, lemah, ga berdaya. sadarkah kita bahwa kita yang Allah minta malaikat dan iblis untuk dihormati justru dosanya ga terhitung. sehingga wajar kalo kita dibilang lebih jahat dari iblis. Naudzubillah. so, berdasarkan pemahaman dan kesadaran itu, saya selalu menahan diri untuk merasa lebih mulia bahkan sama orang-orang yang sudah jelas dosanya. semoga istiqomah. aamiin.

Kemarin saya membaca suatu terjemahan dari Al-quran yaitu tentang anjuran Allah SWT pada Rasul untuk mengajak manusia pada kebaikan. dan Allah SWT memilih orang-orang yang akan mendapat hidayah dan tersadarkan atau engga. jadi sebenernya hidayah itu adalah karunia dari Allah SWT. ga semua orang bisa mendapat hidayah tersebut. Hidayah pun bukan serta merta didapat seperti hujan yang tiba-tiba turun dari langit, tapi mesti kita usahakan. caranya? hm... sejauh ini berdasarkan pengalaman saya dan sejauh pengetahuan saya, semakin hati bersih dan semakin berusaha untuk ibadah sama Allah SWT (ibadah ini bukan hanya solat loh, bahkan ketika menulis seperti ini pun bisa dianggap ibadah), maka semakin mudah hidayah itu lalu lalang dari hati dan pikiran kita.

Nah, kenapa saya tiba-tiba bicara soal hidayah. karena berdasarkan keyakinan saya, yang didapat pula dari ceramahnya Ust. Permadi, bahwa pertanyaan-pertanyaan saya diatas ttg solat tidak akan bisa berubah jadi hidayah jika Allah SWT tidak menghendaki itu. karena mata dan telinga hatinya sedang tertutup. penyebab tertutupnya mata dan telinga hati adalah Khibr. merasa lebih mulia dari orang yang menyampaikan hal tersebut. Solat adalah anjuran utama untuk seorang muslim dari Allah SWT. ketakwaan paling rendah seorang muslim adalah dinilai dari solat. jika tidak solat, maka patut dipertanyakan islamnya.

Nah, sekarang sudah solat belum? Yuk Solat! :)

No comments:

Post a Comment