Saturday 23 January 2010

Curhatan ttg Capoeira

kemaren saya murung, kenapa? ada beberapa hal sih tapi yang paling utama yaitu karna capoeira. kemaren aq latian di itb dengan instruktor ka paul. pas latian udah mo slese, kita ngadain kelas jogo dengan konsep yg udah ditentuin. tiap abis jogo ato roda, aku suka jadi sedih. pengen nangis, malu sama diri sendiri... karna udah setingkat ini, aku masih ga punya perkembangan. pas kemaren aku curhat dikit sama ka paul, beliau ngasih saran dan arahan yg bikin aku sdikit lega sekaligus ngasih tau sesuatu yg bikin aku agak jatoh juga. setiap aku inget permainan jogo aku, aku jadi ga bisa konsen. maluu banget! dan rasanya ga ingin bergerak karna saking malunya. yah, aku selalu kepikiran masalah itu. terutama setelah latian dan roda. kadang aku pesimis sama diri sendiri yg ga bisa main dengan bagus, yg bikin aku jdi males latian. tp posisi aku d ucqi tuh udah senior, aku harus lebih dewasa dan harus bisa mengendalikan diri sendiri. dan terutama aku harus ngasih contoh yg baik ke temen2 capoe yg lebih muda dari aku. sekarang pun, saat nulis ini pun, aku masih ngerasa gada semangat untuk bergerak. apalagi nanti sore bakal ada roda dimana aku bakal main capoe diliatin sama banyak orang. kadang pengen lari dari masalah ini tp aku g mw kehilangan mereka. pengen nangis...

4 comments:

  1. semangat syndihe..
    jangan suka mengunderestimate diri sendiri..
    justru kita ga berkembang karena terlalu sering underestimate ada diri sendiri..
    pola pikir kaya gitu suka menghalangi apapun yang ingin kita kembangkan di diri kita..
    itu kejadian ama syndi..
    syndi pasti bisa berkembang lebih baik..
    tapi jangan cuma gerakan di capoe yang dikembangin, tapi juga pola pikir syndi..

    gini aja si, kalo kita underestimate diri sendiri, keleluasaan tubuh kita untuk gerak sebaik mungkin jadi berkurang (ini kalo dihubungin ama capoe ya)..

    Manusia itu terlalu banyak berpikir, percaya atau nggak itu yang ngebuat manusia nggak bisa berkembang menjadi lebih baik, we're think too much, coba jadi manusia yang spontan (not everytime) but sometimes we need spontaneous act..

    hahaha..
    jadi ceramah deh..
    maaf ya syn.. :)

    ReplyDelete
  2. hwaa... minda terimakasih atas saran2nya...
    iya bener banget min, aku terlalu banyak mikir. segala kekurangan aku dipikirin sampe sedalem2nya, yg bikin aku stuck disana. jadinya malah ga melakukan apapun. iya, skarang aku berusaha utk mengalihkan pikiran itu dan mencoba konsentrasi ketika aku latian capoe. ga mau mikirin yg negatif2nya, tp berusaha fokus sama latian itu dan ngelakuinnya dengan baik. aku ga mau banyak mikir lagi, ngebiarin badan jadi lebih santai bergerak dan ngikutin flow aja. dan hasilnya, kata pengajar aku, itu lebih baik.
    iya min, pola pikir yg pesimis ky gitu harus diilangin, walo sulit. intinya kita harus yakin bahwa kita bisa jadi baik tapi dengan berusaha. ya gitu deh pokonya.. hehe..

    hm, minda ngalamin ini juga ya pas menulis novel?? :)
    skali lagi thx sarannya min... bikin aq lebih smangat,, hehe

    ReplyDelete
  3. setuju banget sama mindaaaa.
    memang pikiran kitalah yang membatasi diri kita selama ini.

    coba aja contohnya, agak ekstrim gapapa yaa?
    seseorang sedang berada di ketinggian, di kakinya diikatkan tali elastis yang sangat kuat.
    dia bakal mencoba yang namanya bungee jumping.

    >>> skenario pertama.
    orang ini pesimis, negative thinking, khawatir macem2, takut talinya ini lah itu lah, padahal di belakang dia ada kru profesional yang udah sangat berpengalaman dalam hal ini.
    karena pikiran pesimisnya, dia akhirnya turun dari ketinggian dan nggak jadi bungee jumping.

    aman, itu katanya.

    tapi ada penyesalan dalam diri dia. terutama ketika dia mendengar seorang temannya mengatakan betapa thrillingnya dan mengasyikkannya kegiatan itu.

    aman, tapi kecewa.

    >>> skenario kedua.
    orang ini optimis, semua pikirannya positif. dia percaya sama kru-kru yang membantunya, dia percaya kalo dia bakal have fun dalam kegiatan ini, dia percaya kalo apa yang dia lakukan bakal jadi pengalaman yang berharga.

    maka hilanglah semua ketakutan dan kekhawatirannya.

    dan karena pikiran2 positifnya, begitu dia lompat, dia bener2 merasakan fun dari kegiatan itu.

    dan ketika selesai, dia menjadi orang yang berbagi pengalaman, bukan orang yang mendengar pengalaman.

    doubling the fun, right? :D


    hehehehe, terlalu ekstrim ya contohnya?

    :p

    memang kekhawatiran itu perlu, ngga boleh juga sih, jadi orang yang cuek bebek ngga peduli sama apapun. tapi jangan sampai yang namanya khawatir merenggut kebebasan kita.
    kebebasan dalam melakukan apapun.

    susah syn, emang.
    aku juga masih dalam tahap mencoba koq, so kita sama. :D
    orang boleh bilang aku cuek, ga pedulian sama perkataan orang.
    trust me, ada yang bilang gitu ke aku.
    tapi jujur sebenarnya aku termasuk orang yang lumayan (walaupun ngga terlalu) memikirkan kata orang lain, kritikan orang lain, bahkan pujian orang lain.
    but, well, aku anggap aja semua itu jadi masukan,
    karena aku percaya sama diri aku kalo aku bisa melalui semuanya,
    kalo aku bisa membuat perkataan mereka jadi bahan supaya aku lebih baik.
    dan aku percaya sama mereka semua,
    kalo mereka mengatakan itu demi kebaikan aku.
    so it becomes fun. bener2 jadi asik.

    and that's my secret recipe, actually. :D

    tapi jujur, kalo ada kritikan yang teramat pedas dan benar2 menusuk hati (walaupun ini jarang banget terjadi :p),
    aku orangnya masih suka banget pretending.
    i'll pretend that they have never said that.
    karena pretending is far easier daripada menerima mentah2 perkataan yang menyakitkan.

    itu kelemahan aku, memang. hahahah.

    semoga aku bisa ngubahin yang satu itu..


    wuidih, panjang gini? gapapa lah yaaa? ;))

    keep the spirit, syn. semangat yaa~
    tunjukkan kalo syndi itu kaya cabe rawit! kecil2 menggigit! ;p

    XOXO

    ReplyDelete
  4. hahaha.. 2 tumbs up buat hanny...

    hm, perumpamaannya meskipun ekstrim tp ngena banget maknanya. tp tetep harus ada sikap hati2 jg sih! emang ya, pikiran negatif itu susah banget diilangin. udah kaya penyakit yg menempel di otak tp pengaruhnya besar sama apa yg akan kita lakuin.
    iya, aku juga termasuk orang yg ga suka sama kritikan. tiap denger kritikan, aku bakal lebih down. apalagi untuk sesuatu yg kita bisa sadari sendiri, aku memilih untuk cepet2 ngerubah diri sendiri daripada keburu dapet kritikan.
    wajar ko kalo orang ga suka sama kritikan yg pedas, kan cara mengkritik itu macem2. pasti ada cara mengkritik yg lebih halus dan malah membuat kita jadi terbangun. tpi mungkin kita juga harus melatih diri utk tahan banting, karna hidup ini ga selalu berjalan sesuai keinginan kita.
    hehe.. yah begitulah!
    thx juga buat komennya y han =)

    ReplyDelete