Sunday 7 February 2010

Sebelum Memasuki ITB

Sebenernya aku udah lama pengen cerita tentang ini. terutama ketika aku inget almarhum nenek. jadi sebenernya dari lahir aku cuma mengenal 1 nenek dan kakek yaitu dari mama. aku deket sama keduanya walopun di usia mereka yg udah renta itu, mereka masih melang-langbuana antara bandung dan jakarta. tapi, diantara sepupu2 aku yg lain, aku termasuk sering ketemu kakek, karena rumah yang aku tinggali dari lahir sampe skarang sebenernya adalah rumah nenek, tp sebelum nenek meninggal, rumah ini dibeli oleh orang tua aku. nah, ada kebiasaan aku waktu kecil sama kakek yaitu mintain duit. karna saking baiknya kakek, dia mau aja ngasihin duitnya yang tinggal segitu2nya untuk cucunya, tanpa mengeluh. yup, satu hal yg mama ceritain tentang kakek yaitu beliau jarang mengeluh. bahkan di usia terakhirnya ketika beliau sakit, kakek cuma menahan sakitnya sendiri. akhirnya kake meninggal ketika aku kelas 3 smp, di rumah yg aku tinggali saat ini karna komplikasi penyakit kanker usus dan kencing manis.
hm, sedikit cerita tentang beliau, aku suka sedih kalo inget beliau pas lagi sakit. buang air besar ato kecil harus dituntun. tapi kalo malem2 ketika semua orang tidur, terpaksalah kake aku buang air di tempat bahkan pas paginya badannya sampe jatuh ke lantai. aku mengiris tiap inget itu.
setelah kakek, 3 tahun kemudian, tepatnya ketika aku sibuk dengan pengurusan SPMB, neneklah yang meninggal. beliau meninggal karena penyakit jantung dan sempat pindah2 rumah sakit selama beberapa bulan. terakhir di RS Harapan Kita, Jakarta. nenek tuh pengen banget aku masuk kedokteran, makanya ketika aku ngobrol terakhir dengan beliau, mama bilang kalo aku udah keterima di kedokteran. biar nenek senang. tp aku emang udah keterima di kedokteran UNISBA. nah, sehabis menengok nenek yg terakhir itu, aku sekeluarga pulang ke bandung tapi beberapa hari kemudian, malemnya, uwa aku yg di bekasi ngasih berita bahwa nenek udah meninggal dan akan dimakamkan besok siangnya jm 10. akhirnya keluarga aku berangkat subuh dari bandung tanpa aku. kenapa? karna hari itu adalah hari pengumpulan formulir SPMB.
sebenernya itu pilihan yang berat karna aku harus memilih antara ngeliat nenek untuk terakhir kali, atau memperjuangkan masa depan aku. yang akhirnya aku putuskan utk menyusul ke bekasi jm 9 bersama uwa aku dari bapa tp nenek udah dimakamkan. sebelum ngumpulin formulir SPMB, aku ikut les intensif SMPB di neutron dulu dan aku diomelin sama sepupu aku karna aku ga dateng ke pemakamannya nenek. dalem hati aku, "nenek pasti ngerti kenapa aku ngelakuin ini karna beliau selalu berpesan bahwa aku harus jadi orang sukses". setelah les neutron, aku menitipkan formulir SPMB ke Ridha, temen deket aku pas SMA. dan aku langsung pulang ke rumah utk siap2 berangkat ke bekasi.
pas aku nyampe bekasi sekitar jm set 11. sodara2 aku udah nyampe rumah dari pemakaman. aku dikatain sama sepupu aku sok sibuk tp dengan nada becanda. tp ya mo gimana lagi, masa depan nanti adalah yg akan kita hadapi. dan aku ga kebayang kalo aku ga ikut SPMB saat itu. yang berarti skarang aku ada di UNISBA? sementara aku menyesal melewatkan kesempatan ngedapetin kedokteran UNPAD?
meskipun pada akhirnya aku ga ngedapetin kedokteran UNPAD, tp itu udah kebayar dengan aku masuk ITB. pasti nenek akan tetap bangga, dalem hati aku.

No comments:

Post a Comment